Tips Tukar Tambah HP Online Maupun Offline

0
35
tukar tambah hp online

Ternyata zaman sekarang,  orang lebih suka dan tertarik dengan penawaran tukar tambah HP dibanding adanya poromo diskon dan cashback ketika membeli ponsel baru.

Hal ini karena keinginan masyarakat untuk lebih efisien mengelola pengeluaran dengan menjual ponsel lama yang tidak terpakai. Saat membeli ponsel baru, ponsel yang sebelumnya akan terletak dan tidak dipergunakan.

Dulu kebanyakan orang menjual handphone bekasnya berbeda waktu dengan pembelian ponsel yang baru. Ada yang menjual sebelum ataupun setelah membeli ponsel penggantinya. Namun, sekarang kamu bisa menjual ponsel lama kamu bersamaan saat membeli yang baru alias tukar tambah.

Tips sebelum menjual atau tukar tambah HP

Bersihkan seluruh body dan layar

Ada baiknya menggunakan case dan anti gores setelah membeli HP baru agar ketika seluruh bodi bisa terlindungi. Saat mau dijual, buka case beserta anti goresnya dan bersihkan semua bodi. Hasilnya ponsel kamu akan kinclong tanpa goresan.

Ponsel yang mulus tentu dapat dijual dengan harga lebih tinggi ketimbang HP yang banyak baretnya. Harga penjualan yang tinggi tidak akan membuat kamu berkecil hati.

Hapus dan bersihkan seluruh data

Pastikan smartphone kamu sudah di-factory reset sebelum menjualnya. Jangan sampai ada satu pun data yang tersisa. Ambil kartu microSD dan kartu SIM nya.

Logout semua akun

Keluar atau log out dari semua akun-akun yang ada di ponsel kamu agar tidak terjadi penyalahgunaan data pribadi untuk hal-hal yang sewenang-wenangnya.

Kelengkapan Bawaan

Sebaiknya menjual ponsel bekas lengkap dengan dus dan aksesoris bawaan agar harganya bisa lebih tinggi. Pastikan memeriksa charger, headset, dan sebagainya seperti saat dibeli. Jika aksesorisnya kurang, bisa disiasati dengan menggantinya dengan yang baru.

Tawarkan ke orang terdekat

Saat ponsel lama milik kamu masih bagus layaknya baru, tawarkan dulu pada teman dekat, tetangga. atau saudara. Tentu pada orang terdekat, kamu bisa menjual dengan harga lebih tinggi, apalagi memperbolehkan bayar secara cicilan. Namun, hal ini bisa kamu lakukan jika kamu punya budget cukup untuk membeli ponsel baru.

Tukar tambah HP secara online atau offline?

tips tukar tambah hp online

Jika kamu ingin menjual ponsel lama dan menukar dengan ponsel yang baru, caranya ada dua, offline dan online. Apabila kamu membutuhkan smartphone baru dengan cepat, lebih disarankan untuk melakukan tukar tambah HP secara offline atau konvensional langsung ke toko penjualan ponsel. Namun biasanya harga smartphone bekas tersebut akan ditentukan oleh pemilik toko. Beruntung jika menemukan pemilik toko yang baik.

Tapi jika ingin efisiensi dari segi biaya, tukar tambah secara online adalah pilihannya. Harga tukar tambah ponsel yang dilakukan secara online lebih objektif karena ditentukan oleh kecerdasan buatan dan teknologi lainnya, sehingga harganya akan tergantung kondisi ponsel. Ponsel yang masih bagus akan dibeli dengan harga yang tinggi. Hanya saja butuh waktu pengiriman yang cukup lama.

Tukar tambah HP ini hanya bisa dilakukan di toko-toko online yang menyediakan fitur tersebut. Ponsel bekas yang dijual harus melalui pengecekan baik dari segi hardware dan software. Dimulai dari fungsi layar sentuh, tombol-tombol yang ada, serta wi-fi. Sedangkan pengecekan fisik dilakukan dengan memotret ponsel dari semua sisi, mulai dari depan hingga belakang. Setelah dianalisa, barulah diberikan harga pada ponsel bekas tersebut. Jika pengguna setuju, maka bisa melanjutkan dan menyelesaikan transaksi. Harga ponsel baru akan dikurangi harga ponsel lama, sisanya adalah uang yang harus dibayarkan oleh pengguna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here