7 Tips dari SehatQ.com Atasi Stres Akibat Pekerjaan

0
4
stress akibat pekerjaan

Setiap orang pasti pernah merasa stres oleh sesuatu hal terutama pekerjaan. Menjalani rutinitas kerja dengan pola berulang, banyaknya masalah dalam pekerjaan yang harus diselesaikan, mungkin akan membuatmu merasa mumet dengan hidupmu. Hal ini lumrah dan hampir terjadi oleh semua pekerja, meski kadang pekerjaan yang dikerjakan merupakan passion atau kesukaannya sekalipun.

Saat kamu merasa jenuh dengan aktivitas kerja, biasanya akan timbul ciri-ciri yang bisa dikenali. Hanya saja kadangang seseorang tidak menyadari bahwa itu merupakan ciri jenuh pada pekerjaan. Berikut ciri-ciri stres pada pekerjaan adalah sering merasa kelelahan, tidak semangat saat bekerja, dan sulit berkonsentrasi. Ini mugkin hanya gejala ringan yang dirasakan.

Perlu kamu perhatika bahwa gejala stres pada pekerjaan juga bisa berakibat pada kualitas tidur yang tidak berkualitas, rasa cemas berlebihan, menarik diri pada pergaulan. Bahayanya hal ini juga bisa menyerang kesehatan seperti nyeri otot, pusing, hingga penyakit kronis yaitu gangguan pada lambung.

Banyak orang yang jenuh dengan pekerjaan namun tidak tahu harus mengatasinya bagaimana. Tak sedikit orang yang berlari ke hal yang kurang baik seperti merokok tanpa henti, minum-minuman beralkohol, dan lainnya. Bahayanya hal ini juga bisa memicu emosi yang tidak mudah dikontrol dan berimbas pada kehidupan sosialmu.

Jadi apa saja sih cara atasi stres akibat pekerjaan? Berikut cara dan penjelasannya.

1. Memulai Hari dengan Senyum

Meski terlihat simpel dan mudah, tapi ini sangat bermanfaat loh. Saat seseorang memulai hari dengan senyuman maka akan menimbulkan aura positif baik untuk dirinya maupun sekitar. Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan untuk mengawali harimu. Seperti misalnya mendengarkan musik, minum kopi atau teh untuk rileksasi, atau bisa dengan hal lainnya.

2. Gunakanlah Waktu dengan Efisien

Memulai dengan membuat perecanaan kerja mungkin bisa mengatasi segala masalah kejenuhan dan pusing akibat kerjaan. Kamu harus bisa menggunakan waktu dengan sangat efisien ya teman-teman. Usahakan untuk tidak terlambat dan meminmalisir membuang-buang waktu. Ini bisa membuat waktumu lebih tertata dan tidak merasa terburu-buru karena dikejar dead line.

3. Ciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman

Ini juga merupakan faktor penting untuk menekan rasa bosanmu. Memiliki lingkungan kerja yang nyaman dan enjoy tentunya akan sangat membantu membuatmu semangat bekerja. Menciptakan kenyamanan di tempat kerja juga bisa dengan menciptakan hubungan baik dengan rekan kerja, misalnya melakukan sharing positif saat waktu luang.

Jika saat ini kalian sedang menjalani work from home ciptakan tempat bekerja senyaman mungkin. Kamu juga bisa bernegosiasi dengan keluargamu untuk membantu menciptakan suasana tenang misalnya. Ataupun bagi kalian pencinta kuliner, selingi bekerja dengan menyantap makanan-makanan kesukaanmu.

4. Mencari Solusi atas Masalah

Saat bekerja tentu kamu punya segudang masalah untuk diselesaikan. Nah, kamu perlu fokus dengan solusi untuk menyelesaikannya bukan terus menerus fokus pada ‘apa’ masalahnya. Kebiasaan seseorang saat memiliki masalah adalah terus dibebani dengan masalahnya tanpa berpikir jernih menemukan solusinya. Ini akan sangat membawa kamu pada kondisi stres bekerja loh.

5. Menghindari Konflik

Hal ini mungkin sangat penting untuk menjaga rasionalitas dan emosionalmu, sehingga tidak memicu atau bahkan mengatasi saat kamu sedang stres. Sebisa mungkin hindari ada konflik saat bekerja baik itu dengan rekan, klien, keluarga, pasangan atau keluarga. Ini sangat membantu kesehatan mental dan fisikmu juga loh.

6. Me Time

Hal penting lainnya untuk mengatasi namun sering kali terabaikan. Kita sering lupa bahwa diri kita juga membutuhkan waktu untuk sendiri. Saat itulah kita akan merasa rileks karena kita lebih bisa berkomunikasi secara interpersonal dengan diri kita. Aku, kamu dan kita semua bisa memilih me time yang kita sukai. Seperti misalnya, menonton drama serial atau film, membaca buku, pergi berbelanja, pergi ke caffe, berjalan keliling kota, dan masih banyak lainnya. Ini sangat penting karena merupakan self healing bagi kita yang jenuh dengan berbagai aktivitas.

7. Pergi Berlibur

Berlibur adalah hal yang dibutuhkan bagi kita yang padat dengan aktivitas harian di perkotaan. Kita sangat membutuhkan suasana baru yang lebih indah dengan udara yang lebih sejuk tentunya. Dengan berlibur kita bisa mengobati rasa lelah, jenuh dan segala macam kepenatan pada diri. Kita bisa memilih destinasi yang disukai dan memilih tempat menginap yang comfort. Menghabiskan waktu sejenak di akhir pekan dengan berlibur bersama orang-orang tersayang bisa menjadi obat terbaik untukmu merasa lebih rileks.

Nah gimana nih teman-teman, apakah kamu juga merasakan stres dengan pekerjaanmu? Yuk sama-sama kita lakukan tujuh cara di atas untuk membantu mengatasinya. Ingatlah bahwa kamu bekerja untuk memenuhi kebutuhanmu, tapi jangan lupa bahwa hasil kerjamu tidak akan ada artinya jika kamu kehilangan kesehatan fisik dan mentalmu. Semoga artikel ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here