Inilah Faktor-faktor Penyebab Batuk Kering, Belum Tentu Infeksi Corona

0
25
batuk

Merebaknya virus Corona membuat masyarakat menjadi parno untuk keluar rumah. Bahkan tak jarang diantaranya yang mengalami gejala-gejala ringan langsung mengaitkannya dengan Covid 19, padahal belum tentu demikian. Penyakit yang menyerang sistem pernapasan manusia ini nyatanya terbilang cukup cepat beraksi. Ia bisa langsung menimbulkan masalah serius seperti diantaranya adalah sesak napas jika seandainya tidak ditangani dengan benar bahkan bisa jadi pemicu pneumonia.

Adapun gejala yang dialami oleh penderitanya sendiri memang mirip seperti flu biasa. Hal inilah yang kemudian membuat masyarakat juga semakin sulit membedakan apakah sebenarnya mereka terserang flu biasa ataupun Covid 19. Diantara gejala yang dialami adalah demam tinggi, biasanya suhu badan bisa mencapai 38 derajat Celcius, kemudian juga disertai dengan sesak napas dan juga batuk kering. Beberapa orang memang kerap kali mengidentikkan batuk kering juga termasuk awal dari penyakit berbahaya ini.

Batuk kering memang termasuk gejala awal infeksi Corona. Namun batuk sendiri sebenarnya merupakan respon tubuh terhadap benda asing yang masuk kedalam sistem pernapasan. Ada beberapa hal diantaranya yang bisa menjadi pemicu dari batuk kering ini selain Covid 19, berikut ini diantaranya yang patut Anda ketahui, yaitu:

  1. Alergi, ada kalanya tubuh memang beraksi terhadap bahan-bahan yang dapat memicu reaksi alergi. Setiap orang pada dasarnya memiliki alergi pada hal-hal yang berbeda. Diantaranya ketika alergi tersebut pada sistem pernapasan tak hanya bisa memicu seseorang bersin saja, melainkan juga bisa menyebabkan seseorang menjadi batuk, batuk yang dialami juga termasuk dalam batuk kering atau tanpa dahak.
  2. Asam lambung, Anda yang memiliki masalah dengan penyakit lambung, seperti diantaranya adalah maag, atau kerap kali mengalami peningkatan asam lambung yang disebabkan oleh GERD. Kondisi ini biasanya akan menyebabkan asam lambung yang diproduksi tinggi, sampai nantinya naik hingga ke bagian kerongkongan dan juga akan memicu sebuah refleks yaitu batuk. Batuk yang dialami adalah batuk kering, namun tak jarang juga membuat penderitanya sampai mengalami muntah.
  3. Asma, bagi beberapa orang dengan riwayat penyakit paru-paru, seperti diantaranya adalah asma atau sesak napas. Maka ketika gejala tersebut muncul akan memicu batuk, sebagian diantaranya adalah mengalami batuk berdahak, namun tidak jarang juga ada yang mengalami batuk kering. Hal tersebut disebabkan karena saluran pernapasan sedang membengkak dan jalan napas menjadi sempit, sehingga akan menyebabkan kesulitan saat bernapas.
  4. Infeksi virus, faktor lainnya yang memang sering terjadi memang disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. Virus flu misalnya yang akan menyebabkan seseorang mengalami batuk berdahak, kemudian juga ada virus tipe baru seperti MERS sampai dengan SRS, hingga yang belakangan ini banyak ditakuti oleh masyarakat adalah Corona. Jadi saluran napas tersebut menjadi lebih sensitif disebabkan oleh infeksi virus.

Jadi jangan buru-buru panik karena belum tentu batuk kering yang Anda alami tersebut merupakan gejala dari Covid 19, sebaiknya lihat terlebih dahulu adakah beberapa gejala lain yang menyertai seperti diantaranya adalah tubuh mengalami demam tinggi, sampai dengan napas menjadi sesak, jika memang demikian maka Anda bisa langsung periksa ke dokter, konsultasi bahkan bisa dilakukan secara online dengan mengandalkan aplikasi Halodoc. Selama fase ini maka Anda dapat mengkarantina diri sendiri di rumah. Sehingga nantinya penyakit tersebut tidak menular kepada orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here