Apa Saja Fungsi Venture Capital di Era Digital?

0
107
venture capital

Illoiha.com – Untuk orang awam, Venture Capital atau Kapitalis Ventura mungkin masih terlalu asing di telinga. Namun, apabila sudah mencakup kalangan praktisi atau perintis usaha kata ini tergolong salah satu sarana yang potensial untuk terus dikembangkan serta diprediksi akan dapat selalu berkembang ke depannya. Kapitalis Ventura adalah sebuah investasi yang berbentuk pembiayaan uang modal yang ditujukan untuk sebuah perusahaan yang sedang dirintis atau biasa disebut juga dengan startup yang akan mendapatkannya pada kurun waktu yang ditentukan.

Nantinya uang modal yang sudah didapatkan ini akan ditukar dengan saham yang berasal dari perusahaan rintisan. Untuk itu diperlukan adanya pemahaman tentang fungsi dari Kapitalis Ventura. Berikut penjelasannya.

Beragam Fungsi Venture Capital

Venture capital mulai berkembang pada tahun 1946 di Amerika Serikat.  Sedangkan di Jepang mulai digunakan di tahun 1963 bertepatan dengan perintisan pembangunan perusahaan besar di kota besarnya seperti Nagoya, Osaka, serta Tokyo. Di Korea Selatan, perusahaan yang menganut system ini dimulai di tahun 1981 yang ditandai dengan pendirian perusahaan Korea Technology Development Corpration.

Selain itu di Taiwan serta India juga memiliki perkembangan yang tak kalah pesat. Walaupun lebih dulu populer di luar Indonesia, namun kini eksistensinya berhasil mencapai dalam negeri. Berikut adalah beberapa fungsi sistem yang dulu digagas oleh Georges Doriot pada tahun 1946 ini:

1. Sebagai Supplier Dana bagi Perusahaan Pemula

kapital venture pengusaha muda
Sumber : ipleaders

Seperti dijelaskan di atas. Adanya Venture Capital sangat bermanfaat bagi keberlangsungan perusahaan-perusahaan atau startup yang ada di Indonesia. Apalagi di era digital saat ini, Kapitalis Ventura di Indonesia sudah aktif dan secara berkelanjutan mengucurkan dana baik pada e-commerce, digital media, maupun pada bidang teknologi.

Namun, dalam perkembangannya tidak hanya perusahaan dalam negeri yang memberikan minatnya pada startup di Indonesia, tapi juga perusahaan-perusahaan asing ikut andil dalam mengambil kesempatan untuk berinvestasi.

Apalagi saat ini akses internet sudah menjadi hal yang mudah untuk ditemui sekaligus juga dilakukan, hal ini membuat masyarakat tidak akan kesulitan dalam proses pencarian informasi yang dibutuhkan. Tentu saja ini adalah peluang bagi orang-orang untuk melakukan pencarian terhadap ide-ide baru yang inovatif serta juga mempunyai nilai daya jual yang tinggi di tengah-tengah masyarakat.

Situs transportasi online serta situs jual beli online adalah beberapa contoh nyatanya. Ditambah lagi adanya peran pemerintah yang turut membantu terciptanya wirausahawan yang baru di setiap daerah. Ini seolah menjadi angina segar bagi pertumbuhan startup di Indonesia, sekaligus juga dapat menjalankan bisnisnya dengan tanpa halangan yang berarti.

2. Solusi Mengatasi Kesulitan Pengusaha Pemula

venture capital solusi pengusaha pemula
Sumber : anthillonline

Venture Capital ini berasal dari adanya rintisan yang ditujukan guna mempermudah pencarian modal bagi pengusaha rintisan atau pemula karena melihat ribetnya persyaratan apabila akan mengajukan pinjaman ke bank. Di Indonesia sendiri perusahaan CV mulai dibangun pada tahun 1973 yang ditandai dengan pendirian perusahaan Bahana Pembinaan Usaha Indonesia.

Pemerintah menyambut dengan baik keberadaan perusahaan ini dan turut andil dengan menetapkan peraturan-peraturan agar mempermudah jalannya. Seperti Keputusan Presiden RI Nomor 61 tahun 1988 tentang Lembaga Pembiayaan. Sejak saat itu, kapitalis ventura pesat berkembang di Indonesia.

Demikian adalah beberapa fungsi Venture Capital yang ternyata sangat berperan dalam perkembangan startup di Indonesia khususnya di era digital ini. Kemudahan dalam pencairan modal tentu dapat menjadi angin segar bagi para pelaku perintis perusahaan mengingat modal adalah salah satu masalah utama yang seringkali menghambat jalannya sebuah usaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here