Cara Memulai Bisnis dengan Modal yang Kecil

0
34
bisnis modal kecil

Apakah Anda ingin sekali memiliki bisnis modal kecil namun terbatas dengan keuangan yang sangat minim? Jadi bagaimana cara memulai bisnis Anda sendiri dengan modal yang minim? Untuk memulai bisnis dengan modal yang kecil, Anda perlu memilih jenis bisnis yang tepat.

Strategi yang bagus adalah mulai membangun pelanggan sambil mempertahankan pekerjaan harian Anda, kemudian secara bertahap mengalihkan lebih banyak fokus ke bisnis baru seiring pertumbuhannya.

Cara Memulai Bisnis Modal Kecil

Jadi, bagaimana tepatnya Anda memulai bisnis tanpa uang? Jangan biarkan kekurangan modal menjadi alasan Anda untuk tidak melanjutkan impian Anda dalam berwirausaha. Setelah Anda memiliki visi yang jelas dan keyakinan terhadap ide Anda, Anda dapat mulai bisnis Anda.

Ada juga banyak ide bisnis yang membutuhkan sedikit awal. Namun, Anda mungkin masih harus menanggung beberapa pengeluaran. Berikut adalah beberapa cara untuk mulai membangun bisnis Anda.

1. Pertahankan Pekerjaan Hari Anda

Meskipun memiliki ide besar dan berusaha mewujudkannya mungkin bagus, namun untuk memulai bisnis, Anda harus bertahan dengan pekerjaan Anda. Jangan berhenti dari pekerjaan dan mengembangkan bisnis yang belum teruji keberhasilannya. Percaya atau tidak, mempertahankan pekerjaan harian akan membuat Anda lebih mungkin berhasil.

2. Gunakan Layanan untuk Menghasilkan Arus Kas

Jika Anda ingin memulai bisnis berbasis layanan, Anda tidak memerlukan banyak arus kas untuk memulai. Cukup siapkan dan mulailah memasarkan layanan Anda. Bisnis berbasis produk, sebaliknya, membutuhkan modal di muka untuk memulai.

Meskipun Anda tidak memiliki dana untuk memulai bisnis berbasis produk hari ini, jangan putus asa. Anda bisa pertimbangkan untuk menyediakan layanan untuk menghasilkan arus kas dan mendanai produk seperti konsultasi produk atau yang lainnya.

Arus kas tambahan dapat membantu Anda menabung modal lebih cepat untuk membangun prototipe produk Anda dan memulai pengujian. Pastikan Anda membuat draf deadline dan membuat anggaran untuk membantu mewujudkan ide bisnis produk Anda.

3. Masukkan Ekuitas

Tidak ada yang akan berinvestasi dalam bisnis yang baru Anda bangun selain diri Anda sendiri. Anda harus memiliki dorongan untuk bekerja sepanjang waktu dan mewujudkan impian Anda. Kemungkinannya adalah, Anda harus turun tangan dan mewujudkan sesuatu.

Lakukan apa pun untuk membangun dasar yang kokoh bagi usaha baru Anda. Anda bisa memasarkannya melalui telepon, pintu ke pintu, buat koneksi, pergi ke pameran dagang atau apa pun yang akan menggerakkan Anda ke arah yang benar.

Sudahkah Anda memahami trik-trik di atas? Nah, beberapa jenis bisnis modal kecil yang bisa Anda rintis adalah :

  • Catering sarapan
  • Jual barang-barang preloved
  • Influencer sosial media
  • Membuka jasa penitipan barang

Dari contoh bisnis modal kecil di atas beserta tips memulainya, pastikan Anda mengelola keuangan bisnis Anda dengan sebaik mungkin agar usaha Anda semakin berkembang. Anda bisa mengunduh aplikasi akuntansi bernama “Buku Kas” untuk membantu keuangan bisnis Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here