Yuk Cari Tahu Penyebab Anak Balita Susah Tidur Dan Cara Mengatasinya

0
Balita Susah Untuk Tidur
Balita Yang Susah Untuk Tidur

Illoilha.com, Memiliki buah hati yang masih dalam usia balita memang harus di perhatikan dengan baik, mulai dari makan, bermain hingga tertidur. Namun sering kali ada masalah yang timbul pada anak balita, salah satu masalah tersebut adalah anak balita susah tidur, anak menjadi rewel dan susah tertidur lelap pada waktunya.

Hal ini tentu saja menjadi tugas orang tua untuk mengatasinya, mencari penyebab dan melakukan tindakan selanjutnya. Anak balita yang susah tidur dapat di kategorikan sebagai gangguan pola tidur pada anak, hal tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan anak itu sendiri.

oleh karena itu orang tua wajib mengetahui penyebab mengapa anak menjadi susah tidur, karena jika para orang tua telah mengetahui penyebabnya cara mengatasinya pun akan sangat mudah. Berikut ini adalah beberapa penyebab anak balita menjadi susah tidur, penting untuk mengetahui penyebab berikut agar orang tua dapat mengatasinya.

Balita Susah Tidur
Balita Susah Untuk Tidur

Anak Balita Memiliki Perasaan Takut Terpisah Dengan Orang Tuanya

Jika para orang tua memiliki anak yang memiliki gangguan tidur, mungkin hal ini dapat menjadi penyebabnya. Karena anak balita masih memiliki rasa takut, salah satu rasa takut tersebut adalah anak balita takut jika terpisah dari orang tuanya.

Hal tersebut wajar mengingat anak balita terus bersama-sama dengan orang tua dari dalam perut, untuk mengatasinya para orang tua wajib menemani anak tersebut untuk tidur.

Anak Mengalami Mimpi Buruk

Terkadang anak balita jika sedang tertidur akan mengigau seperti tertawa terbahak-bahak atau menangis, hal tersebut wajar karena anak akan mengingat suatu aktivitas hingga terbawa sampai mimpi. Namun sering kali anak susah tidur karena mengalami mimpi buruk sebelumnya, sehingga anak menjadi takut untuk tidur kembali. Solusinya temani anak untuk tidur, agar anak tersebut menjadi aman dan kemudian ingin tertidur kembali.

Anak Tertidur Di Waktu Yang Salah

Sering kali anak menjadi susah tidur karena sebelumnya telah tertidur cukup lama, anak tertidur di waktu yang salah akan menyebabkan anak balita susah tidur pada waktu malam. Misalnya anak tertidur pada waktu sore menjelang malam dan terbangun di malam hari, hal seperti itu jelas akan membuat anak menjadi susah tidur pada waktu jam malam. Untuk mengatasinya orang tua dapat memberikan jadwal tidur yang tepat untuk anak, sebisa mungkin anak tidak tertidur di waktu yang salah.

Anak Memiliki Masalah Pada Ritme Tidur Sirkadian

Setiap anak memiliki ritme tidur Sirkadiannya masing-masing, hal tersebut dapat menjadi penyebab anak balita menjadi susah tidur. Ritme Sirkadian tersebut seperti pengatur tidur pada tubuh, jadi tubuh memiliki perintah tersendiri kapan harus bangun dan kapan harus tidur. Jika ritme Sirkadian pada anak bermasalah, hal tersebut dapat menyebabkan gangguan pola tidur.

Televisi Dan Gadget

Jika anak balita sudah di kenalkan dengan hal di atas, bisa jadi anak balita tersebut ter alihkan oleh hal-hal yang menarik dari Gadget Dan Televisi. Untuk itu lebih baik sejak dini batasi anak menonton Televisi, agar anak balita tidak ter alihkan oleh hal menarik yang dapat mengganggu pola tidur anak. Selain itu jauhi anak dari Gadget karena selain memiliki efek yang sama seperti menonton Televisi, banyak dampak negatif yang dapat di akibatkan dari Gadget tersebut.

Nah itulah beberapa penyebab anak balita susah tidur, banyak faktor dan penyebab yang harus orang tua atasi dan cegah sejak dini. Agar pola tidur anak menjadi normal dan anak akan mendapatkan tidur yang berkualitas, anak yang memiliki tidur yang cukup akan tumbuh dan berkembang dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here