Ramuan Tradisional Untuk Mengobati Balita Mencret

0
iloiha_balita-mencret

illoiha.com, Memiliki anak merupakan anugerah terbesar yang diberikan sang pencipta kepada pasangan yang sudah menikah, apalagi untuk pasangan yang telah menantinya dengan kurun waktu terbilang lama. Untuk itu peran orang tua dalam menjaga si kecil sangatlah penting. Berbagai penyakit siap menyerang jika kita lalai dalam mengawasi kesehatan si kecil dengan tepat. Banyak penyakit yang biasa menyerang salah satunya balita mencret, banyak faktor yang bisa menyebabkan mencret/diare yang dialami oleh si kecil.

Salah satunya yaitu pada makanan yang terkena kuman atau terlalu sering makan-makanan yang tidak sehat. Bunda bisa membawa si kecil ke dokter spesialis untuk mengeceknya, yang berbahaya biasanya jika si kecil dehidrasi dan enggan untuk makan ataupun minum. Balita memang masih rawan dengan berbagai penyakit yang bisa menimpanya, dikarenakan sistem imun pada tubuhnya belum optimal.

Jika bunda tidak ingin si kecil mengonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia, bunda bisa mencoba ramuan tradisional yang aman untuk mengobati mencret pada si kecil. Yuk simak beberapa obat tradisional berikut ini.

Oralit

Oralit memang sudah di percaya sejak lama untuk mengobati diare dengan ampuh. Bahkan menurut penelitian selama 25 tahun terakhir ini oralit berhasil mengatasi mencret baik pada balita maupun orang dewasa.

Oralit mudah dibuat dengan bumbu dapur yang selalu tersedia yaitu garam dan gula pasir, namun jika bunda masih ragu membuatnya sendiri, saat ini sudah tersedia di apotek terdekat oralit yang sudah jadi. Bunda hanya tinggal memberikan obat tradisional tersebut kepada si kecil.

Dan jika bunda ingin membuatnya sendiri yuk siapkan bahan berikut ini.

Siapkan air hangat 200 ml, 2 sendok teh gula pasir, ½ sendok teh garam dapur. Setelah itu larutkan semua bahan dalam air hangat tersebut. Untuk balita 1 tahun disarankan memberikan oralit ini ½ gelas dan untuk balita diatas satu tahun bisa diberikan  1 gelas oralit.

Daun Kayu Putih

Mungkin sudah tidak aneh mendengar obat tradisional ini, Daun kayu putih ini dapat menyembuhkan mencret pada balita. Selain mengandung bahan alami, daun kayu putih ini juga mudah didapatkan.

Untuk membuat ramuan daun kayu putih ini cukup sederhana tinggal siapkan saja  daun kayu putih kering dengan jumlah 6-10 gram dan 2 gelas air matang.

Cara membuatnya cukup rebus air matang yang telah disiapkan kemudian masukkan daun kayu putih, tunggu hingga airnya mendidih sampai dengan air rebusan tinggal 1 gelas saja. Berikan kepada si kecil yang sedang mengalami mencret satu kali sehari saja sampai mencret yang dialami sembuh.

Daun Sendok

Jenis dedaunan satu ini juga bisa bunda manfaatkan untuk mengobati balita mencret. Daun satu ini juga cukup mudah didapatkan dilingkungan sekitar kita. Untuk itu bunda tidak akan kesulitan untuk menemukan daun sendok sebagai ramuan alami. Bunda bisa menyiapkan 30 gram daun sendok yang masih segar, setelah itu siapkan juga 3 gelas air matang.

Cara membuatnya pun tidak jauh berbeda dengan ramuan tradisional dari daun kayu manis, seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Cukup rebus daun sendok dengan 3 gelas air tersebut tunggu sampai mendidih, jika air rebusan sudah berkurang menjadi kurang lebih 1 gelas saja, bunda sudah bisa menuangkannya pada gelas. Berikan ramuan tradisional ini kepada si kecil dua kali sehari dengan takaran ½ gelas.

Mudah kan bun mengobati balita mencret, jika si kecil mengalami hal ini sebaiknya bunda jangan panik dan coba membuat ramuan yang sudah kita bahas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here