Pentingnya Mengawasi Tumbuh Kembang Si Kecil Dari Umur 0-5 Tahun

0
iloiha_Tumbuh Kembang

illoiha.com, Tumbuh kembang anak adalah hal yang harus orang tua awasi, karena pada saat inilah kita akan melihat perkembangan anak dari bayi hingga usia 5 tahun. Orang tua mana yang tidak ingin melihat anaknya tumbuh dengan sehat, bermain dan melakukan tingkah yang sangat lucu dan unik.

Sehingga sangat di sayangkan jika ada orang tua yang tidak dapat menemani anaknya dari bayi, karena mereka tidak akan melihat tumbuh kembang anak yang memiliki proses berbeda tiap tahunya.

Kali ini kita akan memberikan informasi tentang tumbuh kembang anak dari usian 0 bulan, hingga usia 5 tahun. Untuk para orang tua wajib tahu perkembangan apa saja yang sedang di alami anak, sehingga kita dapat menjadi lebih mengerti keadaan anak kita sendiri.

Perkembangan Anak Usia 0-1 Tahun

Seorang anak telah lahir ke dunia dengan selama, ucapkan salam pada kehadiran keluarga baru di kehidupan anda. Pada umur 1 bulan bayi belum dapat melakukan banyak aktivitas dan hanya tertidur, namun menginjak usia 2 bulan bayi akan mulai dapat melihat warna dan membedakan mengenal suara dan mulai ingin berbalik.

Di bulan ketiga bayi mulai belajar memegang benda dengan erat, kemudiaan mata akan lebih mengawasi dan mulai mengeluarkan suara-suara lucu dan menggemaskan. Ketika bayi sudah menginjak usia 6 bulan bayi sudah mulai tengkurap dengan baik dan mulai makan MPASI, batu juga sudah dapat memindahkan benda dari satu tangan ke tanganlainya.

Mulut bayi mulai bersuara dengan kosakata yang lebih baik, menginjak usia 9 bulan bayi sudah mulai melempar-lempar mainanya dan dapat makan kue dengan tangan sendiri. pada usia menjelang satu tahun bayi sudah pandai dan sudah bisa mulai belajar jalan, bayi juga akan lebih aktif ketika di ajak main.

Perkembangan Anak Usia  1-2 Tahun

Pada usia 1 tahun anak sudah mulai belajar berjalan, di sini orang tua harus lebih memperhatikan anak dan lingkungan tempat main anak. Anak akan lebih aktif dan rasa ingin tahu lebih besar, bersihkan area tempat main anak dari benda-benda berbahaya. Pada usia menginjak2 tahun motoric anak semakin berkembang, misalnya sudah mulai tertarik dengan hal-hal lain seperti musik atau seni.

Perkembangan Anak Usia 2-3 Tahun

Anak sudah sangat lancar berjalan dengan dua kaki, dan anak sudah gemar berlari kesana- kemari. Anak juga sudah mulai jelas mengatakan kosa kata, kemudian anak menjadi suka bernyanyi dan berteriak-teriak. Di usaia menginjak 3 tahun anak sudah mulai mau bersosialisasi dan bermain dengan mainannya, selain itu anak sudah mengenal orang-orang di sekitarnya.

Perkembangan Anak Usia 3-4 Tahun

Mereka sudah dapat di ajarkan bermain sepeda roda 3, orang tua dapat mengajari hal lain seperti ilmu agama dan pelajaran budi pekerti. Anak sudah pandai mengingat dan akalnya mulai bekerja, sehingga rajin-rajinlah mengajari anak di usia ini.

Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun

Anak sudah memiliki rasa takut dan rasa senang, biasanya anak sudah mulai mengenal hal yang menakutkan seperti hantu, gelap dan hal lainya. Anak juga akan lebih mudah merasa senang dan ceria. Di usia yang menginjak 5 tahun perkembangan motorik anak semakin meningkat, dan anak sudah tidak ragu lagi menelusuri dunia luar dan siap untuk masuk taman kanak-kanan.

Nah itu dia informasi tentang proses tumbuh kembang si kecil dari usia 0-5 tahun, para orang tua harus lebih banyak menemani dan mengawasi anaknya di usia tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here