Penting Diketahui Orang Tua Penyebab Anak Balita Susah Makan

0
Balita Susah Makan
Mengatasi Balita Susah Makan

Illoilha.com, Memiliki anak balita susah makan tentu harus menjadi perhatian yang sangat penting, karena hal tersebut mungkin dapat mengganggu pertumbuhan anak itu sendiri. para orang tua yang mengalami hal tersebut pasti akan merasa khawatir dan bertanya-tanya, mengapa anak balitanya susah sekali untuk memakan makanan yang telah di sediakan.

Hal tersebut tentu saja memiliki banyak faktor dan penyebab, sehingga sebagai orang tua kita wajib mengetahui penyebab anak balita tersebut susah makan. Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa balita menjadi susah makan, para orang tua wajib mengetahui penyebab di bawah ini. Agar jika anak balita susah makan, para orang tua akan sigap bagaimana cara untuk mengatasinya.

Balita Susah Makan
Balita Yang Susah Makan

Anak Sudah Mulai Pilih-pilih Makanan

Jika anak balita susah makan, bisa jadi hal tersebut di karenakan anak sudah mulai pilih-pilih makanan. Jika seperti itu anak balita hanya mau makan dengan makanan tertentu saja, oleh karena itu lebih baik sejak dini memberikan kombinasi makanan pada anak. Berikan anak balita menu makanan yang berbeda setiap hari agar mulai terbiasa dengan makanan lain, sehingga anak tidak akan memilih makanan yang mereka sukai saja. Biasanya juga balita yang sudah mengenal rasa makanan enggan makan sayuran, maka terapkanlah sedini mungkin untuk membiasakan kebiasan makan sayuran setiap harinya.

Ada Masalah Pada Sistem Pencernaan Anak

Gangguan sistem pencernaan dapat menjadi penyebab anak balita susah makan, hal tersebut di sebabkan oleh banyak faktor seperti memiliki gangguan kesehatan pada pencernaan dan hal lain. Jika sudah seperti itu lebih baik para orang tua membawa anak balita ke dokter, anak akan di periksa dan di berikan saran untuk langkah selanjutnya.

Anak Sedang Tidak Lapar

Penyebab anak usah makan yang paling sederhana adalah anak balita tidak benar-benar lapar, hal tersebut sering menjadi penyebab mengapa anak balita menjadi susah makan. Hal tersebut dapat di sebabkan oleh kondisi perut anak yang masih kenyang, atau sebelumnya anak telah mengonsumsi susu terlalu banyak. Jangan biarkan anak memakan makanan ringan sebelum jam makan, karena hal tersebut akan membuat anak menjadi susah makan pada jam makan berikutnya.

Anak Sedang Berada Di Kondisi Yang Tidak Sehat

Anak yang balita susah makan bisa jadi di sebabkan karena anak sedang sakit, anak balita yang sedang sakit akan kehilangan nafsu makan tersebut. Bawalah anak ke dokter aga di berikan obat dan penambah nafsu makan, dengan begitu anak akan kembali sehat dan nafsu makan kembali datang.

Anak Sedang Mengalami Gangguan Kesehatan Mulut

Penyebab yang anak susah makan yang tidak di sadari oleh orang tua adalah anak sedang mengalami gangguan kesehatan mulut, hal tersebut tentu saja kan membuat anak susah untuk makan. Rasa tidak nyaman di dalam mulut dan rasa sakit yang di sebabkan oleh gangguan kesehatan mulut, dapat menyebabkan anak menjadi susah makan dan hal tersebut harus segera di tangani lebih lanjut. Karena jika anak di biarkan begitu saja dan orang tua tidak menyadarinya, bisa saja akan memperparah kondisi anak.

Terlalu Fokus Bermain

Anak balita yang terlalu fokus bermain akan lupa dengan nafsu makanya sendiri, anak yang sedang bermain nafsu makannya akan terkalihkan oleh aktivitas yang sedang di lakukan tersebut. Hal ini dapat di atasi oleh orang tua dengan cara yang halus, agar balita mau makan dan beristirahat dari aktivitas yang menyibukkannya.

Bagi para orang tua wajib mengetahui penyebab anak balita susah makan di atas, agar suatu saat ketika anak balita mengalami susah makan para orang tua sudah siap mengatasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here