Merencanakan Liburan Perdana ke Luar Negeri dengan Sempurna

0

Berlibur ke luar negeri merupakan impian banyak orang. Ada banyak alasan yang menjadikan banyak orang ingin mencicipi liburan ke luar negeri. Perbedaan kebudayaan, keunikan makanan khas hingga keseruan wisata belanja memang selalu menjadi daya tarik tersendiri.

Walaupun menjadi impian banyak orang, masih banyak yang tidak bisa mewujudkannya karena alasan biaya. Liburan ke luar negeri memang identik dengan liburan yang maha. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Seperti halnya berlibur di dalam negeri, pengeluaran untuk berlibur ke luar negeri juga dapat ditekan. Salah satu cara untuk menekan pengeluaran adalah dengan cari tiket pesawat murah dan menjalani liburan dengan gaya backpacker.

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berlibur ke Luar Negeri

Berlibur ke luar negeri tentu saja membutuhkan persiapan sedikit berbeda, terutama bagi kita yang baru pertama kali melakukannya. Berikut adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan:

  1. Kelengkapan Dokumen

Tidak seperti bepergian ke luar kota di dalam negeri, bepergian ke luar negeri mengharuskan kita memiliki sejumlah dokumen pendukung. Dokumen pendukung tersebut di antaranya adalah paspor dan visa. Anda bisa mengurusnya di kantor imigrasi dan kedutaan besar negara yang akan dituju, atau untuk beberapa kondisi dapat diproses secara online.

  1. Kurs Rupiah dan Living Cost di Negara Tujuan

Sebelum berlibur ke luar negeri kita perlu melakukan riset kecil-kecilan mengenai kurs rupiah dan living cost di negara yang akan dituju. Cari tahu berapa nilai tukar rupiah terhadap mata uang yang berlaku di negara tersebut. Pelajari juga artikel atau video di internet yang menjelaskan tentang biaya hidup di negara tersebut.

Memahami nilai tukar rupiah dan biaya hidup di negara tujuan akan membantu kita menyusun budget berlibur. Dalam susunan budget tersebut dapat diatur berapa persen yang akan kita gunakan untuk transportasi, penginapan, belanja dan biaya hidup sehari-hari. Cobalah cari tiket pesawat murah agar persentase untuk yang lainnya dapat lebih besar.

  1. Cuaca dan Kondisi di Negara Tujuan

Apabila memutuskan ke negara yang letaknya cukup jauh dari Indonesia, kita akan memasuki cuaca yang tentunya berbeda. Sangat penting untuk memahami cuaca di negara tujuan. Jika hendak berlibur ke Eropa misalnya. Cari tahu musim apa yang tengah berlangsung di sana. Setelah mengetahui cuaca yang tengah berlangsung, kita dapat menyesuaikan jenis pakaian yang dan perlengkapan lain yang akan kita bawa. Jangan sampai liburan terganggu karena salah kostum.

Mengetahui kondisi negara yang menjadi tujuan berlibur juga tak kalah penting. Meskipun tak berpengaruh secara langsung, tentu kita akan merasa lebih aman berlibur di negara yang iklim politiknya tak sedang memanas atau memiliki masalah bilateral dengan negara kita.

Selain ketiga hal di atas, bila hendak berlibur ke luar negeri kita juga sebaiknya mempelajari kebiasaan yang berlaku di negara tersebut dan menghindari hal hal yang dianggap tabu. Terlebih apabila kita berlibur ke negara dengan high culture seperti Jepang. Bahasa juga penting diperhatikan. Pelajarilah setidaknya kosakata paling umum seperti minta tolong dan terimakasih dalam bahasa setempat agar merasa lebih nyaman ketika berkomunikasi dengan masyarakat lokal.

Mengingat liburan ke luar negeri bukanlah liburan yang bisa dilakukan setiap saat, sudah sepatutnya dipersiapkan sebaik mungkin. Rencakan jadwal pulang pergi, penginapan hingga paket wisata dengan Mister Aladin. Dapatkan kemudahan untuk cari tiket pesawat murah hingga mengunjungi destinasi wisata idaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here