Jangan Panik Ini Dia Penyebab Bayi Jarang BAB Dan Sering Kentut

0
iloiha_Penyebab-Bayi-Jarang-BAB-Dan-Sering-Kentut-BALITAiloiha_Penyebab-Bayi-Jarang-BAB-Dan-Sering-Kentut-BALITA

Illoiha.com, Para orang tua pasti akan khawatir jika bayi menjadi jarang BAB dan malah mengeluarkan kentut yang bau, hal tersebut bisa saja bahaya namun lebih baik selidiki dulu apa penyebabnya.

Penyebab bayi jarang BAB dan sering kentut harus segera di selidiki, agar kita sebagai orang tua tidak panik dan dapat mengantisipasinya dengan baik.

Para orang tua dapat berkonsultasi ke dokter, namun sebelum itu kita akan memberikan informasi tentang penyebab bayi menjadi seperti itu.

Bayi yang jarang BAB memang terkadang bikin khawatir orang tua, namun hal tersebut wajar saja karena ada beberapa penyebab yang dapat membuat bayi menjadi jarang buang air besar.

ASI

ASI
Full ASI

Asi menjadi penyebab utama mengapa bayi menjadi jarang buang air besar, hal tersebut di karenakan asupan bayi hanya ASI saja. Nutrisi pada ASI akan di serap sepenuhnya oleh tubuh bayi, sehingga bayi akan jarang BAB dan hal tersebut wajar saja.

Bahkan jika bayi hanya BAB seminggu sekali jika asupan makananya hanya ASI saja hal tersebut tidak masalah, yang jadi masalah adalah apabila bayi sudah di beri susu formula namun jarang BAB.

Susu formula sangat berbeda dengan ASI karena susu formula lebih padat, selain itu tekstur kotoran pada bayi juga menjadi berbeda. Kotoran pada bayi yang hanya mengonsumsi ASI memiliki tekstur yang lembut, sedangkan kotoran yang di hasilkan oleh bayi yang mengonsumi susu formula akan lebih padat.

Jadi intinya jika bayi jarang BAB dan hanya di beri asupan ASI, hal tersebut wajar saja namun perhatikan juga frekuensi buang air kecil bayi dan berat badan bayi.

Bayi memang sering kentut mulai dari usia 1 bulan hingga 1 tahun, terkadang para orang tua sering mengeluh akan hal ini dan sering berpikir bahwa hal tersebut di sebabkan karena penyakit.

Oleh karena itu kita akan memberi tahu penyebab bayi sering buang angin atau kentut, berikut ini beberapa penyebab dan penjelasanya.

Posisi Menyusui

Salah Posisi Menyusui
Posisi menyusui

Bayi memang seringkali buang angin, namun hal tersebut bukan berarti ada gangguan kesehatan yang di alami leh bayi, bisa jadi penyebab bayi sering buang angin karena posisi menyusui yang salah.

Bayi yang sering buang angin di karenakan banyak gas di dalam perutnya, gas tersebut masuk akibat posisi menyusu yang salah.

Posisi menyusui yang salah atau kurang pas dapat menyebabkan masuknya udara dari luar ke dalam tubuh bayi, sehingga hal tersebut menjadikan penyebab bayi sering kentut dan buang angin.

Dengan demikian jika posisi menyusui salah bayi tidak hanya akan menghisap ASI, namun juga udara yang masuk secara bersamaan ketika bayi tersebut menyusui.

Makanan Yang Menghasilkan Gas

Makanan Yang Mengandung Gas
Makan Makanan Yang Mengandung Gas

Asupan makanan bayi hanyalah dari ASI sang ibu oleh karena itu asupan makanan yang di konsumsi ibu menyusui harus di perhatikan, pantangan yang biasanya di berikan adalah mengonsumsi makanan yang pedas.

Makanan yang mengandung gas juga dapat menjadi penyebab mengapa bayi sering kentut dan buang angina, misalnya si ibu sering mengonsumsi telor dan ubi yang memiliki kandungan gas yang tinggi.

ASI sangat sensitive karena jika sang ibu kesehatanya sedikit terganggu akan mempengaruhi ASI dan bayi, sehingga lebih baik memperhatikan asupan makanan untuk ibu menyusui.

Dua hal tersebut adalah penyebab utama mengapa bayi menjadi sering buang angina, namun jika para orang tua khawatir bisa segera konsultasi dan periksakan bayi nya ke dokter.

Itulah penyebab bayi jarang BAB dan sering kentut, jadi sebelum berkonsultasi dan memeriksakan bayi pada dokter sebaiknya ketahui dulu penyebabnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here