Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Demam Pada Bayi

0
Iiiloiha.com_demam-pada-bayi

Illoiha.com, Bayi lebih mudah dan rentan berbagai penyakit karena sistem imunitas tubuhnya masih belum sempurna, biasanya bayi lebih rentan terkena demam dan panas. Demam pada bayi biasanya terjadi akibat beberapa hal, namun hal tersebut dapat di atasi dengan berbagai cara dan berobat ke dokter.

Namun jika para orang tua ingin mengatasi masalah tersebut sendiri hal tersebut dapat di lakukan, asalkan bayi mendapatkan perawatan penuh dari orang tua demam dan panas pada bayi akan segera turun.

Untuk itu kita akan memberikan sebuah cara untuk mengatasi bayi yang demam dan panas, tentu saja cara ini sudah sering di lakukan beberapa orang tua sebelumnya.

Sebelum bayi di bawa ke dokter tidak ada salahnya melakukan pertolongan pertama pada bayi yang mengalami demam dan panas, jika satu hari panas dan demam bayi belum reda barulah periksakan bayi ke dokter anak terdekat.

Berikut ini adalah cara mengatasi bayi yang sedang mengalami demam, tujuannya sebagai pertolongan pertama dan meredakan demam dan panas.

Memperbanyak Konsumsi ASI

Perbanyak Konsumsi ASI
Memperbanyak Konsumsi ASI

Jika bayi terkena demam dan panas cobalah untuk tetap memberikan ASI pada bayi, Asupan asi yang cukup pada saat demam akan membantu meredakan demam tersebut.

ASI akan mencegah bayi untuk dehidrasi yang di akibatkan demam dan panas tersebut, jadi usahakan bayi tetap mengonsumsi ASI yang banyak ketika sedang demam.

Gunakanlah Pakaian Yang Tipis Pada Bayi

Gunakan Pakaian Yang Tipis
Gunakan Pakaian Yang Lebih Tipis

Pada saat bayi demam dan panas usahakan gunakan pakaian yang tipis dan tidak tebal pada bayi, hal tersebut bertujuan agar bayi cepat menurunkan suhu badanya saat demam dan panas. Selain itu anak akan merasakan nyaman dan yang paling penting anak akan terhindar dari risiko kejang.

Gantilah Pakaian Bayi Sesering Mungkin

Mengganti Pakaian Bayi Sesering Mungkin
Sering Mengganti Pakaian Bayi

Pada saat demam dan panas suhu tubuh bayi akan meningkat, keringat akan keluar lebih banyak dari pada bayi dengan suhu normal. Oleh karena itu para orang tua harus rajin mengecek kondisi pakaian bayi, jika sudah basah oleh keringat segera ganti dengan pakaian baru yang kering.

Kompres Anak Dengan Kain Yang Di Basahi Air Hangat

Kompres Anak
Kompres Dengan Air Hangat

Untuk menurunkan panas dan demam pada bayi gunakanlah kain basah yang cukup hangat, hal tersebut dapat membantu menurunkan suhu panas pada bayi yang sedang terkena demam dan panas.

Hindarilah penggunaan air dingin untuk mengompres bayi, karena hal tersebut akan berisiko menyempitkan pembuluh darah pada bayi.

Pastikan Anak Mendapatkan Istirahat Yang Cukup

Anak Cukup Istirahat
Pastikan Anak Istirahat Yang Cukup

Jika anak beristirahat dengan cukup dan tidak melakukan aktivitas yang dapat membuat badannya lelah, anak akan lebih mudah meredakan demam dan panas. Karena jika pada saat kondisi bayi demam dan panas namun tetap aktif, hal tersebut akan memperparah demam itu sendiri.

Tidurkan Anak Di Suhu Ruangan Yang Teduh

Anak Tidur
Anak Tidur Di Ruangan Teduh

Istirahatkan anak dan tidurkan anak di ruangan yang memiliki suhu yang teduh atau normal, tidak panas namun tidak terlalu dingin. Hal ini di lakukan agar bayi akan merasa nyaman dan mempercepat pemulihan kondisi tubuh, sehingga panas dan demam pada bayi akan segera mereda.

Pemberian Obat Penurun Panas Sesuai Anjuran Dokter

Memberi Obat Penurun Panas
Memberikan Obat Untuk Menurunkan Panas

Jika anak masih memiliki obat penurun panas dari dokter, hal tersebut dapat di berikan sesuai aturan. Dengan begitu kondisi anak anak segera membaik dan berangsur sembuh.

Nah itulah cara mengatasi panas dan demam pada bayi sebagai pertolongan pertama, jika seharian penuh suhu tubuh bayi tidak reda juga para orang tua dapat membawa bayi segera ke dokter anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here