Ini Dia 4 Manfaat Tengkurap Untuk Bayi Yang Wajib Di Ketahui Orang Tua

0
illoiha_manfaat-tengkurap-untuk-bayi

Illoiha.com, Saat bayi mulai dapat tidur miring dan tengkurap biasanya para orang tua membetulkan posisi bayi pada sedia kala, hal tersebut wajar-wajar saja karena orang tua masih khawatir pada bayi yang baru dapat melakukan hal tersebut.

Namun jika di awasi dengan baik manfaat tengkurap untuk bayi sangatlah banyak, asalkan pada saat bayu tengkurap tetap di awasi agar mencegah bayi sesak napas karena terlalu lama tengkurap.

Di balik itu semua manfaat tengkurap untuk bayi sangat banyak dan memang di perlukan oleh bayi, sehingga para orang tua wajib mengetahui hal ini. Berikut ini adalah manfaat tengkurap bagi bayi yang harus di ketahui oleh para orang tua.

Dapat Mengasah Motorik Kasar Pada Bayi

Mengasah Motorik Anak
Dapat Mengasah Motorik Anak

Bayi yang tidur dengan posisi tengkurap akan berusaha kembali membalikkan posisi badannya ke posisi semula, hal tersebut ternyata dapat merangsang perkembangan motorik kasar pada anak.

Bayi yang tidur dengan posisi tengkurap akan berusaha melakukan beberapa gerakan untuk membalikkan tubuhnya, hal tersebut sangat baik untuk kesehatan dan motorik pada bayi.

Membuat Tidur Bayi Lebih Pulas

Membuat Bayi Tertidur Pulas
Bayi Tertidur Lebih Pulas

Bayi akan tertidur lebih pulas ketika dalam posisi tengkurap, hal tersebut di karena kan posisi bayi yang tidur tengkurap dapat mencegah bayi terbangun yang di akibatkan oleh efek refleks kejut pada bayi.

Jika refleks kejut itu terjadi pada saat bayi tidur terelentang, bayi akan terbangun karena posisi tersebut akan mengagetkan bayi. Sehingga bayi yang tidur dalam posisi terlentang akan sering terjaga dan menangis, sedangkan  bayi yang tidur dengan posisi tengkurap akan merasa lebih nyaman dan pulas.

Mencegah Kepala Peyang Atau Flat Head

Menghindari Kepala Peyang
Mencegah Kepala Peyang

Manfaat tengkurap bagi bayi yang sangat penting adalah mencegah kepala bayi peang atau Flat Head, jika bayi memiliki bentuk kepala yang peang atau Flat Head hal tersebut akan menyebabkan penampilan bayi menjadi kurang sempurna.

Hal tersebut di akibatkan karena pada saat tertidur, posisi kepala bayi berada pada posisi yang sama terus menerus dalam waktu yang cukup lama.

Misalnya bayi hanya tidur terlentang saja, kepala belakang bayi akan terlihat rata dan akan mengubah bentuk kepala bayi. Posisi tidur dengan kepala menyamping terlalu lama juga dapat menyebabkan peang kepala samping, bentuk kepala bayi menjadi berubah.

Jadi manfaat tengkurap dapat mencegah hal tersebut, jadi bayi tertidur dengan berbagai posisi yang terus berubah.

Tengkurap Dapat Melatih Keseimbangan Tubuh Bayi

Melatih Keseimbangan Bayi
Tengkurap Melatih Keseimbangan Bayi

Ternyata secara tidak langsung tidur tengkurap dapat melatih keseimbangan pada bayi, bayi yang tidur tengkurap dapat lebih mengontrol gerakan tubuhnya. Ketika bayi tengkurap bayi akan melatih tubuhnya agar tidak jatuh ke kiri ataupun ke kanan, Sehingga hal tersebut bermanfaat untuk melatih keseimbangan bayi tersebut.

Jika bayi dapat melatih keseimbangannya pada saat tidur, risiko bayi terbangun di malah hari akan berkurang karena pada saat tidur tengkurap bayi mengalami sedikit pergerakan.

Namun perlu di perhatikan pada saat bayi tertidur tengkurap pastikan orang tua tetap mengawasi bayi, agar bayi tidak tidur tengkurap dalam waktu yang lama. Karena jika bayi di biarkan tidur tengkurap  dalam waktu yang cukup lama, sistem pernapasan bayi akan terganggu.

Jadi awasilah bayi pada saat tertidur agar posisi tengkurap tersebut tidak terlalu lama, meskipun banyak manfaat yang di akan di rasakan bayi namun tetap saja pengawasan orang tua sangat penting.

Nah itulah manfaat tengkurap untuk bayi yang dapat menjadi informasi penting untuk para orang tua, sehingga orang tua lebih mengerti dan tahu cara merawat bayi pada saat tertidur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here